Kamis, 17 Januari 2013

perusahaan yang menggunakan sistem e-commerce

Nama Kelompok :
  1. Gita Putri Aziza - 33111088
  2. Nuraini
  3. Nurhadi
  4. Rosaelina Noer Solihat - 36111460
  5. Wudi Utomo

Kelas : 2DB16


PT Gapura Jaya Graphindo merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan mesin dan alat-alat percetakan, seperti: mesin laminating, mesin blueprint, mesin pemotong, glossy paper, kertas film, toner dan lain-lain. Cara pemasaran saat ini masih melalui mulut ke mulut atau dengan menyebar katalog. Belum pernah terdapat suatu web yang menampilkan infomasi dari produk-produk tersebut. Padahal klien dari PT Gapura Jaya Graphindo tersebar dimana-mana dengan jumlah permintaan produknya beragam.
Penerapan dan pemanfaatan teknologi informasi di bidang penjualan mesin ini masih belum optimal, terbukti dengan masih banyaknya klien yang harus datang langsung ke kantor untuk melakukan pemesanan. Selain itu biaya operasional yang harus dikeluarkan oleh perusahaan pun masih tinggi, karena sales masih harus mengunjungi kantor-kantor klien untuk memberikan katalog produk. Info mengenai produk juga tidak update, sehingga klien masih sulit untuk mengetahui mengenai produk baru atau produk yang mereka inginkan.
Oleh karena itu perlu dibuatnya sebuah aplikasi e-commerce untuk memudahkan klien dalam bertransaksi karena klien dapat dengan mudah melakukan transaksi pembelian hanya dengan menggunakan internet, selain itu PT Gapura Jaya Graphindo juga dapat meminimalkan biaya operasional dan dapat memaksimalkan publikasi mengenai produk-produk mereka. Terdapat beberapa manfaat dalam pembuatan website e-commerce ini, antara lain dapat menyediakan informasi mengenai katalog produk dan menangani transaksi pembelian secara online serta membuat laporan penjualan bulanan,
Metode yang dipakai dalam pembangunan website e-commerce ini adalah metode prototyping karena dengan metode prototyping ini pengembang dan pelanggan dapat saling berinteraksi selama proses pembuatan sistem.

2.1 E-Commerce
E-Commerce merupakan suatu sistem atau paradigm baru dalam dunia bisnis, yang menggeser paradigma perdagangan tradisional menjadi electronic commerce yaitu dengan memanfaatkan teknologi ICT (Information and Communication Technology), atau dengan kata lain teknologi internet. Definisi e-commerce secara umum : “ Proses membeli, menjual, baik dalam bentuk barang, jasa ataupun informasi, yang dilakukan melalui media internet”. Menurut Stefan Probst (Opticom), definisi e-commerce adalah “Bisnis yang dilakukan secara electronic yang melibatkan aktivitas-aktivitas bisnis berupa business to business ataupun business to consumen melalui teknologi internet.” E-business adalah transaksi yang menggunakan media elektronik yang dipergunakan untuk berjualan atau proses pembelian atau proses pembelian suatu atau beberapa produk menggunakan teknologi ICT. Secara umum, interaksi dan transaksi antara pelaku bisnis yang akan menggunakan teknologi e-commerce dapat dikategorikan dalam jenis B2B ( business to business ), B2C (business to consumen), C2B (consumen to business), dan C2C (consumen to consumen) [1].


2.2 Codeigniter
CodeIgniter adalah framework PHP yang dibuat berdasarkan kaidah Model-View-Controller (MVC). Dengan demikian, aplikasi yang dibuat akan mudah untuk dimaintanance dan dikembangkan lebih lanjut. Dalam konteks CodeIgniter dan aplikasi berbasis web, maka penerapan konsep MVC mengakibatkan kode program, dapat dibagi menjadi tiga kategori, yaitu :
  1. Model adalah sebuah class PHP yang dirancang untuk bekerja dengan informasi yang ada pada database.
  2. View adalah tampilan template html/xhtml atau php untuk menampilkan data pada browser.
  3. Controller adalah sebuah kode program (berupa OOP class) yang digunakan untuk mengontrol aliran aplikasi (sebagai pengontrol Model dan View) [2].
2.3 MySQL
MySQL merupakan database yang paling populer digunakan untuk membangun aplikasi web yang menggunakan database sebagai sumber dan pengelola datanya. MySQL merupakan database yang digunakan oleh situs-situs terkemuka di Internet untuk menyimpan datanya. Software database MySQL kini dilepas sebagai software manajemen database yang open source, sebelumnya merupakan software database yang shareware. [3]

Daftar Pustaka :
http://courseware.politekniktelkom.ac.id/Jurnal%20Proyek%20Akhir/MI/Jurnal%20Ayu.pdf`

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar